Saturday, October 31, 2009

10 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia di Era 2000an

Virus komputer paling berbahaya tentu harus diwaspadai oleh kita semua. Gak mau kan kalo tiba-tiba komputer ngehank dan datanya ilang semua? Bisa jadi dimarahi bos atau dosen karena skripsi hilang tanpa sebab.

Kini telah banyak antisipasi untuk menghalangi serangan virus, tapi apakah mampu? Virus terus dikembangkan menjadi lebih canggih dan gila gilaan.

Mau tahu virus paling berbahaya yang pernah ada di sunia ini dilansir oleh virusindonesia.com ? mari kita bahas, terutama virus yang pernah berjaya pada tahun 2000an.


1. Discusx.vbs
Virus VBScript ukurannya hanya 4.800 byte saja tapi bisa menginfeksi beberapa drive di komputer kamu. Masuk ke hardisk bakan paling sering masuk melalui flash disk. Cirinya terlihat dari adanya file autorun.inf atau system32.sys.vbs pada root drive tersebut.

Uniknya virus jenis ini seringkali menuliskan tulisan ini di windows explorer mangsanya

 “.::Discus-X SAY MET LEBARAN! [HAPPY LEBARAN ?!]::.”.



2. Reva.vb
Virus jenis VBScrip ini sudah banyak dikeluhkan sejak dahulu. Menyebar melalui hard drive komputer termasuk flash disk. Drive terinveksi akan muncul file reva.vbs, autorun.inf dan shaheedan.jpg. Windows eksplorer akan secara otomatis diarahkan ke arrahmah.com entah apa maksudnya.


3. XFly
Virus ini dikenal dengan dua jenis yaitu XFLy. A dan XFLy.B. Merupakan jenis virus lokal yang dibuat pakai visual basic. Ukurannya hanya 143.360 byte dan bisa menyamar menjadi folder, MPt atau icon yang lainnya.
Saat menjalankan internet melalui windows explorer akan muncul tulisan

“..:: x-fly ::..”

Uniknya setiap jam 12.30, 16.30 dan 20.00 virus ini akan menampilkan layar hitam yang berisi pesan dari pembuatnya.

4. Explorea
Jenis virus explorea juga dibuat dengan viusal basic dengan ukuran 167.936 bytes tanpa compress. Bisa menyamar seperti folder standard windows untuk mengelabui kita. Biasanya menyerang pada Registry Windows dan mengubah defoultnya menjadi .LNK, .PIF, .BAT, dan .COM. Anda akan menemui sering muncul sistem error.

5. Gen.FFE
Pembuat virus Fen.FFE menyebutnya Fast Firus Engine yang merupakan virus generator buatan lokal. Virus ini juga bisa mirip seperti gambar folder standard windows dan bisa memblok task manager, command promp hingga menghilangkan beberapa bagian pada Start menu.

6. Hampa
Ukurannya hanya  110.592 bytes, tanpa di-compress, dibuat pakai visual basic juga dan bisa menyerupai bentuk folder asli. Mampu mengubah bagian registry, file system dan lainya. Pembuat virus akan memunculkan pesan pesan tertentu.

7. Raider.vbs
Jenis ini berukuran hanya 10.000 byte. Jika dibuka dengan notepad akan muncul string yang bisa terbaca. Pada registry menggunakan kode pengenal HKLM\Software agar terlihat seperti computer name.

8. ForrisWaitme
Virus Farris Maitme juga dibuat dengan visual basic, mirip dengan standard windows untuk menyamar. Seringkali membuat ulah dengan menukar fungsi tombol mouse kiri dan k anan, menu folder option menghilang dan ada file pesan baca saya.txt pada lokasi terinfeksi.

9. Pray
Virus Pray juga dibuat dengan visual basic dan terdapat dua varian yaitu Pray A dan B, bisa berbentuk mirip windows explorer dan akan menunjukkan waktu waktu tertentu pada user. Uniknya waktu itu adalah waktu shalat.

10. Rian.vbs
Virus yang terbukuran 3788 bytes ini saat menginfeksi bisa menciptakan file bearu seperti autorun.inf dan RiaN.dll.vbs  para root drive korban. Termasuk flashdisk juga. 

10 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia di Era 2000an Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Badi

0 comments:

Post a Comment